Visi, Misi, dan Tujuan

VISI

“Pada Tahun 2020 PS-PPKn menjadi Program Studi terkemuka di Sumatera sebagai pusat pendidikan akademik dan profesional bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”.

MISI

Untuk mewujudkan visi di atas, PS-PPKn FKIP Unila memiliki misi, yaitu:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta menghasilkan tenaga Pendidik dan Kependidikan yang profesional dan berakhlak mulia.
  2. Melaksanakan program penelitian yang berbasis Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai Moral Pancasila, Politik dan Kenegaraan serta Hukum dan Kemasyarakatan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai Moral Pancasila, Politik dan Kenegaraan serta Hukum dan Kemasyarakatan yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat.
  4. Menjalin kemitraan dengan masyarakat dan lembaga terkait (Perguruan Tinggi, sekolah, dan stakeholders) di tingkat regional, nasional, dan internasional secara berkelanjutan.

TUJUAN

PS-PPKn memiliki tujuan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama seperti di uraikan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Program Pendidikan untuk tenaga pendidik dan kependidikan pada bidang kewarganegaraan dan tenaga lain dalam rangka pembangunan nasional dan karakter bangsa Indonesia;
  2. Menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan untuk tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi dalam bidang pendidikan kewarganegaraan yang profesional dan berjiwa kebangsaan;
  3. Menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dengan berbagai kemampuan seperti keterampilan legislasi, kontrak hukum dan jurnalistik, sehingga dapat bekerja secara professional;
  4. Menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan kewarganegaraan;
  5. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam rangka implementasi pendidikan kewarganegaraan untuk mewujudkan smart and good citizenship melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  6. Meningkatkan kuantitas, kualitas, dan keberlanjutan kerjasama saling menguntungkan dalam bidang Pendidikan Kewarganegaraan dengan instansi lain dari dalam dan atau luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *